Tuesday, September 24, 2013

Senyum di Awal 22

sumber: commsbusiness.co.uk

ya, tepat 12 hari yang lalu saya berulang tahun ke-22. tanggal 12 september boleh berulang setiap tahunnya, tapi pengalaman tentu tidak berulang bukan?
dalam post ini saya ingin flashback sedikit mengenai apa saja yang sudah saya lakukan di umur 21 kemarin:



september 2012: pada bulan ini saya bersama teman-teman k2n ui 2012 sedang mempersiapkan diri untuk melaksanakan sidang lpj k2n ui dan juga cukup disibukkan dengan segala revisi-revisiannya. dan pada bulan ini juga, semester 5 dimulai, semester yang menurut saya (saat ini) paling berat dibandingkan semester-semester lain selama kuliah.

oktober 2012-februari 2013: fase terendah
tidak banyak yang saya lakukan di waktu ini. bisa saya bilang ini merupakan fase terendah saya selama perkuliahan. menurut saya sekarang, hal tersebut merupakan puncak dari kebiasaan buruk saya yang sebelumnya yang pemalas dan selalu menunda pekerjaan. di fase ini, saya benar-benar merasa butuh support sekali. untung Tuhan memberikan orang tua dan teman-teman yang membantu. :) untuk detailnya, biar saya dan Tuhan saja yang tahu. :D

  • oktober 2012-desember 2012: waktu perkuliahan semester ganjil. kehidupan saya disini benar-benar amburadul. tidur hampir selalu paling cepat jam 12 dan bangun hampir selalu tepat pada jam perkuliahan dimulai (misalnya kuliah jam 8, baru bangun jam 8). hidup pun benar-benar terasa hambar. bangun kesiangan, kuliah, ngerjain tugas bareng temen, pulang kuliah malem, tidur kemaleman, bangun kesiangan, dan seterusnya. bisa saya bilang saya stres sendiri, kebanyakan numpuk tugas, numpuk kegiatan, dan lainnya. pikiran bener2 penuh, susah berpikir jernih, pengen lari dari kenyataan. walaupun udah mundur dari beberapa tanggungjawab yang diambil, tapi bangkit tidak semudah itu. apalagi pas memasuki UAS. ini adalah kacau-sekacau-kacaunya, kenapa? sistem fluida, dari 5 soal essay (kalo tidak salah), saya cuma yakin bener 2, 1 nomer ngarang, dan 2 lagi kosong. ujian getaran mekanis, dari 7 atau 8 soal, ga ada yang saya yakin bahwa yang dikerjain itu bener. itu pun 2 nomor kosong sama sekali. cuma pasrah yang ada pas kelar ujian. dan udah siap ga siap mental buat ngulang taun depan. 
  • januari 2013: liburan semester ganjil (1 bulan). kehidupan yang berantakan pun masih berlanjut, bahkan lebih parah. tidur jam 3 subuh, bangun jam 11/12 siang setiap harinya. sempet mau ke kampung inggris, cuma batal. padahal 1 bulan bisa dipake traveling atau ambil kursus apa gitu yang bermanfaat. liburan tersamp*h yang pernah saya alami deh intinya. but the life must go on, right?

februari 2013-mei 2013: waktu perkuliahan semester 6. di fase ini saya mulai sadar dengan kebiasaan buruk yang saya miliki, saya mulai 'mencoba berdiri' dari keadaan. walaupun masih tertatih-tatih dan tidak semua urusan juga langsung selesai, akhirnya saya bisa mulai kembali menata hidup di februari akhir.
maret 2013-mei 2013: kehidupan pun udah lebih baik. tepat sebelum gelombang tugas semester 6 melanda, saya udah 'sanggup berdiri'. mulai memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk yang dimiliki sebelumnya.

juni 2013-september 2013: fase baru

  • juni 2013: di bulan juni ini, saya dan teman-teman sekelompok tugas merancang sedang berjuang menyelesaikan laporan akhir. cukup kesal juga karena kami harus menyisihkan waktu ekstra selama 3 minggu ketika teman-teman yang lain udah mulai liburan dan kerja praktek.
  • juli 2013-agustus 2013: saya melakukan kerja praktek di tempat ayah saya bekerja (karena sampai bulan juli 2013, belum ada proposal saya yang dibalas). Puji Tuhan, rencana-Nya benar-benar indah. walaupun batal kerja praktek di luar jawa (karena proposal yang saya kirim itu ke perusahaan yang ada di kalimantan dan papua) dan malah di jakarta. tapi saya jadi mengenal suatu bidang baru, yaitu epc (engineering, procurement, and construction), bidang yang sangat menarik setelah mengenalnya (nanti dibahas di post tersendiri deh mengenai epc ini).
  • pada bulan agustus 2013 juga, saya bersama kedua orang tua dan kedua sepupu, karena kebetulan kakak saya tidak bisa ikut karena bekerja, melakukan liburan ke lombok-bali. sebuah liburan yang sudah lama tidak saya lakukan sekeluarga. padahal waktu dulu, ketika saya dan kakak saya masih kecil, hampir setiap liburan pasti ke luar kota.
  • september 2013: di awal bulan ini perkuliahan semester 7 sudah dimulai. tepat di minggu pertama, pada hari rabu, kamis, jumat saya bolos kuliah demi memenuhi sebuah target, yaitu mendaki rinjani! untuk topik ini juga, nanti akan ditulis dalam postingan tersendiri. beberapa hari setelah turun dari rinjani, saya pun berulang tahun.


kalo mungkin beberapa bulan lalu, banyak yang nanyain (maap kegeeran) "sem, kenapa lu ga pernah muncul lagi di twitter? biasanya kan update" atau "sem, kenapa lu susah dihubungin?" postingan inilah jawabannya, hehe. pada waktu itu, saya sedang berada dalam masa-masa krisis, hehe. kalo diliat dari history twitter sih emang sejak oktober 2012-mei 2013, tweet saya sangat sedikit bahkan bulan januari 2013-april 2013 tidak ada sama sekali.

walaupun saya waktu itu dalam fase-fase buruk, tapi yang saya yakin Tuhan ga ninggalin kita (thank God).
keajaiban yang saya alami selama fase buruk di atas:
mata kuliah sistem fluida & getaran mekanis saya ternyata lulus. bahkan getaran mekanis saya bisa dapet A untuk nilai akhir. sebenernya agak malu ngepublish ini karena kalo ditanya saya juga kurang menguasai. bahkan, IP semester 5 kemarin itu adalah IP tertinggi saya selama kuliah sampe semester 6 kemarin. jujur aja, saya sendiri ga percaya. saya cuma mikir "kok bisa?" dan waktu itu, sebelum nilai-nilai keluar, saya udah simulasiin IP saya kira-kira paling rendah dapet berapa seandainya ada matkul yang ga lulus. (se-pasrah-itu)

mohon maaf kalau tulisannya berantakan. intinya di umur ke-21 kemarin, saya benar-benar dihajar oleh kesalahan sendiri dan belajar bangkit dari kegagalan. dan sekarang, saya cuma bisa tersenyum melihat perjalanan ini.

1 comment:

  1. "nanti dibahas di post tersendiri deh mengenai epc ini"
    Akhirnya mau ngebahas tentang epc :')

    -Salam plant-

    ReplyDelete