Tuesday, September 3, 2013

Lari dan Cerita Pengalaman #IndependenceDayRun & #S4RunSeries

dalam beberapa tahun terakhir, Jakarta dilanda demam olahraga, entah bersepeda, lari dan lain-lain. memang seiring berjalannya zaman, tren pun berubah.
dalam setahun terakhir, olahraga lari sedang "in" di Jakarta ini. sebelumnya, seingat saya, olahraga yang cukup populer adalah bersepeda menggunakan fixie. namun, olahraga tersebut tidaklah bertahan lama.
olahraga lari merupakan olahraga yang murah, dengan modal niat saja sebenarnya anda sudah bisa melakukan olahraga ini. namun, demi kenyamanan, orang biasanya mencari sepatu lari untuk menghindari kaki yang lecet akibat sepatu yang kurang nyaman. dan menurut prediksi saya, olahraga lari ini akan bertahan lama sebagai tren karena alasan murah tersebut.
di keluarga saya, kakak saya merupakan yang menularkan olahraga ini kepada saya dan juga ayah saya. kakak saya memang sudah lama melakukan kegiatan berlari karena dia juga menekuni parkour, dimana lari merupakan salah satu makanan sehari-harinya.


#IndependenceDayRun
saya sendiri sudah mulai berlari sejak setahun yang lalu, namun mulai berlari secara rutin barulah pada juli kemarin. setelah mencoba beberapa kali lari dengan jarak yang berbeda-beda, akhirnya saya memberanikan diri mengikuti event lari pertama saya yaitu #IndependenceDayRun, event yang saya lihat di timeline twitter. saya pun memilih jarak paling singkat yang ditawarkan pada event tersebut, yaitu 8K. karena event tersebut merupakan event untuk menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia, maka nomer yang ditawarkan itu adalah 17K dan 8K, yang mewakili tanggal kemerdekaan (baca: tanggal tujuh belas, bulan delapan). event tersebut merupakan event gratisan, sehingga hanya 1.000 peserta pertama yang mencapai garis finishlah yang berhak mendapat medali.
event yang disponsori oleh BRI ini cukup bagus walaupun gratis. kita pun mendapatkan racepack, snack, pisang, air minum, dan juga gelang. peserta terdaftar yang mengikuti event ini adalah sebanyak 45.000 untuk jarak 8K, dan 5.000 untuk jarak 17K. seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, karena event ini adalah event gratisan, maka tidak sedikit orang yang hanya lari-lari hore, dimana mereka baru berlari beberapa kilometer dan kemudian berjalan. namun, karena event ini juga bekerjasama dengan pemerintah, maka banyak sekali anggota TNI yang (mungkin diundang) mengikuti race ini. ya tau lah, TNI kan sehari-hari makanannya latihan fisik, jadi untuk urusan lari sih bukan masalah berarti buat mereka. saya bersama 2 teman K2N UI 2012 (Rahmat, kak Ojan) dan juga pacar kakak saya (Atha) mengikuti race yang 8K. seusai race, kami berusaha untuk bertemu satu sama lain, namun pada akhirnya saya hanya berkumpul dengan Rahmat dan kak Ojan. dan Puji Tuhan, saya berhasil mencatatkan waktu sebesar 46 menit sekian detik (lupa) untuk jarak 8K (rute: istana merdeka - HI - setiabudi - HI - monas), sukses memenuhi target pribadi yang mematok waktu 50 menit, dan masih mendapatkan medali. ternyata tidak sia-sia di satu minggu sebelumnya sempat melakukan simulasi lari sejauh 8K dari ratu plaza ke monas.

#S4RunSeries (1)
event s4runseries adalah sebuah yang terdiri dari 3 seri. yang saya ikuti adalah yang seri pertama. event ini adalah event lari kedua saya dan merupakan event lari berbayar pertama yang saya ikuti. saya dan ayah saya diajak oleh kakak saya untuk mendaftarkan diri pada event ini. singkat cerita, kakak saya dan pacarnya mendaftar pada nomor 10K, dan saya dan ayah saya mendaftar pada nomor 5K. berikut rute untuk 5K: fx- semanggi - bundaran sendayan - fx.
event ini pun sangat terorganisir dengan baik, karena panitia menyediakan tempat parkir, tempat penitipan barang, dan arah lari pun jelas, sehingga menghindarkan orang yang salah jalur dalam berlari. fasilitas yang didapatkan pun juga baik, chip pada nomor dada, racepack yang bahannya dryfit, mendapat pisang, aqua, dan mizone, serta tentunya medali. selain itu, kita juga bisa mendapatkan voucher foto gratis di stan BII dan juga mendapat payung cantik. walaupun event ini menurut saya agak mahal, tapi sesuailah dengan kualitasnya.
di event ini saya gagal melampaui target pribadi, dimana saya menargetkan untuk finish di menit ke-25.
berikut rekap hasilnya: (bisa dilihat di s4runseries.com)

10K Open - bisa diikuti oleh semua orang termasuk WNA
NoBIBNameM/FSplit 1Split 2Gun TimeChipTime
127614Daniel Giovannimale00:16:4100:41:2700:49:0000:48:56
total peserta 97

10K Close - hanya diikuti WNI
NoBIBNameM/FSplit 1Split 2Gun TimeChipTime
2628260Nathalie Enda Zileta Deparifemale00:24:0200:57:4501:08:2801:08:24
total peserta 587

5K
NoBIBNameM/FGun TimeChipTime
259345Samuel Theodoremale00:26:5200:26:49
3789411Peter Latumahinamale00:40:2000:40:17
total peserta 734

No comments:

Post a Comment