Tuesday, July 16, 2013

Melangkah ke Tingkat Empat

sebagai mahasiswa teknik mesin (teknik mekanikal lebih tepatnya) yang sedang memasuki tingkat empat dan mempunyai target bisa lulus paling cepat tahun depan, saya mulai mencari-cari minat terhadap bidang yang menarik bagi (tugas akhir) saya. kenapa mencari? karena mekanikal itu sangat luas bung! bukan hanya seperti gambar dibawah ini:
sumber: bestcarmodification.blogspot.com

dari dunia otomotif, manufaktur (baik makro & mikro), medis, energi, sistem dalam gedung, alat berat, dll. setelah mulai mencari detail mengenai bidang-bidang tersebut, akhirnya ketertarikan saya mengerucut ke beberapa bidang, yaitu bidang kedirgantaraan (mesin pesawat), rotating equipment (pompa, kompresor dll), dan yang terakhir pemipaan (fluida). setelah sempat konsultasi dengan (calon) dosen pembimbing, akhirnya pilihan saya jatuh ke pemipaan karena beberapa hal berikut:

  • kedirgantaraan: mesin pesawat adalah turbin gas yang merupakan sebuah high technology equipment atau canggih, sehingga sudah established-lah istilahnya, untuk tugas akhir sepertinya sulit mencari topiknya.
  • rotating equipment: untuk rotating equipment, yang paling mungkin dilakukan penelitian adalah pengaruh blade/sudu. tentunya akan berhubungan dengan aerodinamika. dan sepertinya saya masih belum terlalu suka dengan aerodinamika ini. (padahal fluida-fluida juga)

waktu konsultasi pun, di akhir pertemuan (calon) dosen pembimbing tersebut kurang lebih berkata seperti ini:
kalau kamu tidak melanjutkan pendidikan lagi (s2 dan s3), maka tugas akhir itu merupakan karya terbaik seumur hidup anda. jadi kerjakanlah dengan serius.
sumber: oilandcareers.com

sumber: studentthinktank.eu
jujur, dalam dunia pemipaan pun saya tidak punya banyak bekal ilmu fluida selain di mekanika fluida dan sistem fluida. masih harus banyak belajar lagi. semoga pilihan ini merupakan pilihan yang tepat.
Amin!

*kalau ada yang mau tau scope anak mekanikal di bidang-bidang lainnya seperti yg disebutin diatas, monggo ditanya via comment. semoga bisa membantu menjawab*

3 comments:

  1. kak sem, udah tingkat empat masih jomblo ya? Hmmm kasian. semangat ya kaaaa </3

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak ajaaa. aku pacarnya bang semmm. huhhh . kamu kali yang jomblo hihihihi

      Delete
    2. woy salah fokus woy. Ini sem lagi ngebahas perkuliahan. sibuk aja masalah jomblo. dasar fakir fakir cinta

      Delete