Wednesday, July 17, 2013

Penggunaan Istilah Backpacker

beberapa tahun terakhir, istilah liburan ala backpacker sering sekali kita dengar. namun menurut saya, ada beberapa ketidaktepatan dalam penggunaannya. saya memang bukan ahli bahasa, jadi semua tulisan ini murni pendapat saya.

sumber: www.thehappiesthour.com



backpacker memiliki kata dasar yaitu backpack yang berarti ransel. jadi sebenarnya secara logika definisi yang tepat dari backpacker adalah orang yang traveling menggunakan ransel, entah itu carrier, maupun ransel biasa. sesimpel itu. namun seringkali banyak orang yang menganggap liburan ala backpacker itu berarti dengan budget yang minim. jadi, dari sini saja sudah terlihat bahwa terdapat perbedaan arti antara orang yang traveling menggunakan ransel dan traveling dengan budget yang minim.
lalu seharusnya bagaimana?
menjadi backpacker tidak harus selalu menggunakan low budget. sebagai contoh, kalian yang menginap di hotel bintang lima pun masih bisa menyebut perjalanan kalian ala backpacker selama masih menggunakan ransel sebagai tas kalian. sebaliknya, kalian yang menginap di penginapan murah pun belum tentu juga bisa menggunakan istilah backpacker. itu semua tergantung dari tas apa yang kalian gunakan. kalau kalian menggunakan koper atau travel bag, ya namanya bukan backpacker.
jadi kalau traveling menggunakan budget yang minim namanya apa?
saya pernah baca di artikel mana gitu (lupa), jadi sebenarnya traveling itu dibagi dua menjadi high budget traveling dan low budget traveling. jadi mungkin beberapa orang yang menganggap bahwa traveling dengan budget murah itu berarti backpacker, maka seharusnya lebih tepat menggunakan istilah "low budget traveling".

1 comment:

  1. ga begitu gan udh bias. cek sini http://en.wikipedia.org/wiki/Backpacking_(travel)

    ReplyDelete