Thursday, July 11, 2013

Sejauh Mana Kaki Ini Melangkah?

sejauh mana kaki ini melangkah? judul ini cukup berhubungan dengan hobi gw yg suka jalan-jalan. gw sendiri punya cita-cita pengen keliling Indonesia dulu, diawali dengan menginjakkan kaki di setiap pulaunya besarnya dulu deh  (cuma ga menutup kemungkinan juga ke luar negeri, hehe). Kalo dirangkum, mungkin bisa terlihat di gambar ini, (kalo penasaran detailnya, ada di bawah gambar) :D

menggunakan www.whereivebeen.com




dalam negeri:

  • ü Sumatera - Jambi (2010), waktu itu ikut bokap ada tugas di daerah sana.
  • ü Jawa - udah pasti. pengalaman solo traveling ke Jogja (2011). sisanya pernah bareng keluarga karena dulu kalo liburan sekolah ke kebaktian tahunan nasional (KTN) di Batu, Malang pake mobil seperti Semarang, Surabaya. dan juga tentunya salah satu kampung halaman, Salatiga.
  • ü Sulawesi - utara sulawesi merupakan kampung halaman lain selain Salatiga, tepatnya di kota Tomohon, yang kalo di tv-tv biasanya terkenal dengan extreme kuliner. tentunya juga Manado dan sempet liburan ke Bunaken sekeluarga (2012).
  • ü Maluku - pernah ke Ambon sebelum kerusuhan 1997 dan waktu itu masih kecil. sebenernya ada kampung halaman yang terakhir, tepatnya di Saparua (klo ga salah sekampung sama Pattimura), cuma udah lupa waktu dulu ke sana apa ngga. walaupun udah ga kenal lagi keluarga yang ada disana, tapi darah maluku ini tetap mengalir, terlihat dari warna kulit gw.
  • ü NTT - pertama kali menginjakkan NTT itu ke Waingapu trus ke pelosoknya, ikut bakti sosial bareng orang tua (2011). yang kedua itu ke Kupang, numpang merapat di Lantamal Kupang sebelum lanjut ke Kefamenanu, kemudian Wini (berbatasan dengan Timor Leste) untuk K2N UI 2012.
  • ü Bali - dulu pernah waktu kecil (cuma ga inget) karena ada sodara disana. setelah itu waktu kenaikan kelas 2 ke 3 SMA (tahun 2009) pernah traveling bareng Haryo, Ersyad, Ahmad Soli, sama Fajar. pengalaman yang tak terlupakan deh itu. pergi naik kereta ekonomi, pulangnya dapet tiket pesawat murah, trus nginep di bandara Soetta. :D
  • □ Kalimantan - belum
  • □ Papua - belum


luar negeri:

  • ü Singapora - liburan keluarga waktu SMA (2007).
dari pengalaman-pengalaman jalan-jalan itu, sebenernya bisa membuka pikiran juga sih buat kita yang udah dari kecil di Pulau Jawa khususnya, atau di kota-kota besar seperti Bandung & Jakarta. kalo sebenernya Indonesia itu ga cuma Jawa doang. selain itu juga, kita bisa menikmati keindahan alam Indonesia, mencicipi kuliner-kuliner daerah yang beragam, dan juga tau kebiasaan masyarakat-masyarakatnya. :)

mungkin ga setiap liburan gw harus jalan-jalan karena keterbatasan biaya (mahasiswa banget deh), soalnya gw berusaha pake tabungan dari uang saku & ga minta orang tua, walaupun biasanya klo udah mau berangkat biasanya tetep dibekelin. :D semoga suatu hari nanti bisa melanglang buana selain Indonesia (termasuk ujung utara, selatan, timur, barat), juga ke luar negeri. dan ketika ngeliat post ini ada progress yang jauh untuk bikin "sejauh mana kaki ini melangkah? (2)". hehe (wishlist liburan yang ada di pikiran: Rinjani, Derawan, Togean, Sitaro, dan pulau lain di Maluku, serta Papua. waktu: gatau kapan)

ayo jalan-jalan!

3 comments:

  1. ke papua dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi mencari cara biar kesananya murah gan.
      ada ide?

      Delete
  2. udah keliling kemana mana, keujung ujung, masih juga JOMBLO. percuma sem. wekekekeke.
    -cc: @justhadil

    ReplyDelete